Ads 468x60px

Kamis, 11 Agustus 2011

ARSENAL 125th ANNIVERSARY CREST


Mungkin banyak orang yang merasa heran melihat kostum baru Arsenal musim ini. Tentu saja sumber keheranannya sudah pasti terletak dari logo yang ada di kostum itu.

Kenapa tiba-tiba di logo Arsenal ada daun-daunannya ? Kenapa di logo Arsenal ada pitanya ? Dan lain sebagainya. Kalau buat yang nggak ngerti, bisa berbahaya karena logo ini bisa jadi salah kaprah. Mungkin ada yang menyangka kalau Arsenal akan berganti logo... menjadi kembali bernuansa klasik... padahal logo yang dipakai musim lalu sudah cukup keren.

Baiklah. Akan saya jelaskan, mengapa Arsenal berganti logo.

Musim 2011/2012 ini menjadi musim yang spesial untuk Arsenal. Itu karena, mereka merayakan ulang tahun ke-125. Arsenal berdiri sebagai Dial Square pada 1886. Proses berdirinya Arsenal diawali dari pertemuan 15 orang di sebuah pub bernama Royal Oak Pub, dimana setiap dari mereka menyumbang uang sebesar 6 pence (berbentuk koin), untuk membeli sebuah bola. 15 orang itu berasal dari pabrik pembuatan senjata di Woolwich, sebuah daerah di London. Dari cerita inilah yang kemudian diterjemahkan oleh Arsenal, bersama Nike, sebagai apparel Arsenal, menjadi logo untuk merayakan ulang tahun Arsenal ke-125.

Inspirasi dari logo ini adalah... logo pertama Arsenal, yang ketika itu bernama Dial Square, yang gambarnya seperti ini:

Logo yang di bagian tengah, adalah logo daerah Woolwich, yang berbentuk tiga meriam digambar dari atas.

Kembali ke logo Arsenal. Sekarang saya akan jelaskan makna dari logo 125 tahun Arsenal. Sebagai bagian tengah/pusat dari logo, sudah jelas merupakan logo Arsenal saat ini. Di sisi kiri logo (lihat gambar paling atas), adalah daun laurel, yang diambil dari koin 6 pence yang disumbangkan oleh 15 orang pendiri Arsenal sebagai uang untuk membeli bola. Kurang lebih, koinnya seperti ini:

Lihat di koin yang kiri, di sekeliling tulisan "Six Pence" terdapat daun laurel.
Kembali ke gambar paling atas. Di sisi kanan logo terdapat daun pohon oak. Melambangkan tempat dimana para pendiri Arsenal bertemu, yaitu di Royal Oak Pub. Kalau dihitung, baik dari daun laurel ataupun daun pohon oak-nya, jumlahnya adalah 15 helai. Itu melambangkan jumlah orang yang menjadi pendiri Arsenal.

Di bagian bawah logo, terdapat pita yang melingkari kedua daun yang ada di sisi kiri dan kanan logo. Pita itu hampir mirip dengan pola pita yang ada di logo Dial Square. Hanya saja, pitanya kali ini lebih simpel. Di sisi kiri pita tertulis angka 1886, yang merupakan tahun lahirnya Arsenal, dan di sisi kanan pita tertulis angka 2011, yang merupakan tahun saat ini, dimana Arsenal genap berusia 125 tahun. Di bagian tengah pita tertulis kata Forward, yang merupakan motto yang sering muncul ketika zaman perang, menggambarkan latar belakang dari para pendiri Arsenal yang merupakan karyawan pabrik senjata yang sering dipakai untuk berperang.

Selama satu musim ini, logo 125 tahun Arsenal ini akan menghiasi semua merchandise resmi Arsenal. Mulai dari kostum hingga perlengkapan olahraganya. Logo ini hanya muncul satu musim saja, jadi kalau bisa, jadilah orang yang memiliki hal-hal yang berhubungan dengan ulang tahun Arsenal yang ke-125, selagi barang2nya masih bisa didapatkan.
Segitu saja tulisan saya tentang makna logo Arsenal yang baru ini. Sebagai penutup, saya punya gambar ini buat kalian...


0 komentar:

Posting Komentar